Pesan Presiden Jokowi di Dies Natalis ke-67 IPDN

Pesan Presiden Jokowi di Dies Natalis ke-67 IPDN
Pesan Presiden Jokowi di Dies Natalis ke-67 IPDN. Foto: dok. humas IPDN

jpnn.com, JATINANGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dapat menjadi pilar kemajuan bangsa.

Dia menyampaikan hal tersebut saat memberikan ucapan selamat atas dies natalies ke-67 IPDN pada Jumat (17/3).

Jokowi juga berpesan agar IPDN mampu beradaptasi menguasai ilmu, teknologi terbaru, memiliki kompetensi, dan keahlian untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing.

"IPDN sebagai kampus pencetak pamong praja unggul tidak boleh tertinggal, harus bergerak cepat menyiapkan SDM yang kreatif dan inovatif, yang menguasai keahlian masa depan dan siap bekerja dengan penuh dedikasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan kelas dunia," ujar Jokowi.

Sementara itu, Rektor IPDN Hadi Prabowo menyampaikan orasi ilimahnya terkait 'Strategi Pengelolaan pendidikan tinggi kepamongprajaan dalam mewujudkan kader pamong praja yang professional dan berkelas dunia'.

Hadi menyebutkan bahwa proses globalisasi saat ini makin pesat dan masif, terutama sejak era digital atau era industri 4.0 dengan ditandai munculnya era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity) yang memerlukan strategi baru baik dalam dunia bisnis maupun pemerintahan.

Menurutnya, globalisasi akan membuat negara-negara makin terkoneksi. Namun, yang terdampak globalisasi bukan hanya manusia dan informasi tetapi juga berpengaruh terhadap isu dan permasalahan.

"Oleh sebab itu memasuki era digital atau era industri 4.0 tata kelola pemerintahan perlu ditransformasi. Transformasi dilakukan pada aspek kebijakan, sumber daya manusia dan proses bisnis," tutur Hadi Prabowo.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan khusus pada dies natalis ke-67 IPDN. Begini isinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News