Praja IPDN Diminta Memperkuat Disiplin Ilmu Pemerintahan

Praja IPDN Diminta Memperkuat Disiplin Ilmu Pemerintahan
Praja IPDN Diminta Memperkuat Disiplin Ilmu Pemerintahan. Para Praja saat mengikuti Stadium General di IPDN Jatinangor. Foto: dok. IPDN

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Dr. Hadi Prabowo, M.M berharap Stadium General dapat memberikan pembelajaran di dalam penerapan teori dan praktik kepada praja.

Adapun Stadium General merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut dies natalis ke-67 IPDN yang akan digelar pada 17 Maret 2023.

Stadium General yang digelar secara luring di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (8/3), dan secara daring yang diikuti praja di seluruh daerah.

"Seorang Praja dituntut mampu memiliki basic kepamongprajaan dengan memperkuat disiplin ilmu pemerintahan baik yang bersifat teoritis maupun empiris," kata Hadi Prabowo, dalam keterangannya, Rabu (8/3).

Dalam kegiatan itu, Hadi Prabowo bersama H. Sutarmidji, SH, M.Hum., Dr. Anton A. Lailossa, S.T., M.Si serta H. Erman Safar, SH, membahas strategi kebijakan pembangunan daerah, khususnya dalam pencapaian target pertumbuhan ekonomi, penurunan tingkat kemiskinan, pengangguran, dan penanganan stunting, serta masalah daerah lainnya.

"Kami menghadirkan para pelaksana dan pembuat kebijakan sehingga praja akan memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi permasalahan publik di daerah.” ujarnya.

Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Maluku serta Kota Bukittinggi merupakan contoh daerah yang mampu mengatasi permasalahan ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan sangat baik.

Sebagai contoh, saat ini pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat mencapai 5,01% dengan tingkat kemiskinan 6,73% dan tingkat pengangguran terbuka 4,86%.

Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan seorang praja dituntut mampu memiliki basic kepamongprajaan dengan dengan memperkuat disiplin ilmu pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News