Pesan Romo Benny Kepada Komjen Listyo Calon Kapolri Pilihan Jokowi

Pesan Romo Benny Kepada Komjen Listyo Calon Kapolri Pilihan Jokowi
Romo Benny Susetyo. Foto: tangkapan layar Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo menyampaikan harapan dan pesan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo selaku calon Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo.

Menurut Romo Benny, Polri ke depan tidak hanya profesional tetapi juga memiliki pemahaman dan penguasaan terhadap teknologi. Sebab kejahatan terbesar ke depan itu tidak lagi tradisional, tetapi kejahatan dengan menggunakan informasi dan teknologi.

“Kejahatan ke depan itu informasi dan teknologi termasuk terorisme karena menggunakan teknologi tinggi. Oleh karena itu, pemahaman anggota Polri terhadap teknologi menjadi sangat penting,” tegas Romo Benny di Jakarta, Minggu (17/1/2021).

Pada bagian lain, Romo Benny berharap polisi dapat menjadi bagian penting dalam mengukuhkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

“Jadi polisi harus mampu mengambil bagian praksis yakni sebagai perekat ideologi di masyarakat,” kata Romo Benny yang juga Sekretaris Dewan Nasional Setara Institute.

Oleh karena itu, Romo Benny mendorong agar Polri ke depan membangun kultur yakni menjadi polisi yang humanis. Atinya polisi yang mampu berperan membangun masyarakat dari sisi humanis. Misalnya, dari aspek keamanan, perlu mengaktifkan kembali jaga malam, kekerabatan bersama, dan sistem keamanan bersama.

“Di sinilah pentingnya dan kerja sama bersama  masyarakat,” ucap Romo Benny.

Secara khusus, Romo Benny juga menyinggung tentang peran polisi di Papua terutama dalam upaya mengedukasi masyarakat.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo menyampaikan harapan dan pesan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo selaku calon Kapolri pilihan Presiden Jokowi..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News