Pesawat Berselimut Abu di Bandara Juanda

Pesawat Berselimut Abu di Bandara Juanda
Pesawat di Bandara Juanda yang berselimut Abu tebal hingga ditunda penerbangannya. FOTO: gunawan, imey boim for jpnn.com

jpnn.com - :vid="10775"

SURABAYA - Erupsi Gunung Kelud telah melumpuhkan beberapa bandara di Jatim dan Jateng. Salah satunya adalah Bandara Juanda, Surabaya. Semua penerbangan dibatalkan untuk terbang. 

Wajar jika bandara terbesar di Indonesia bagian timur itu ditutup. Pasalnya kondisi bandara memang tidak memungkinkan. 

JPNN.com mendapatkan beberapa gambar kondisi pesawat yang terparkir di sana. Tampak bahwa pesawat yang terparkir di sana masih berselimut abu tebal. Bahkan, landasan dan tanah di bandara juga tebal dengan abu. 

Beberapa maskapai pun langsung sigap menutup mesin pesawat agar tak kemasukan abu vulkanik. Tapi ada juga yang tetap membiarkannya terbuka.

Johnny Agung, salah seorang penumpang, menuturkan, dia seharusnya berangkat ke Jakarta pada pukul 06.00 dengan Citilink. Tiba di terminal satu pada pukul 04.30, dia langsung check in.

Meski pada jam tersebut hujan abu mulai turun, petugas belum menyatakan ada penundaan penerbangan. “Masih on schedule, pak. Pesawat juga sudah datang,” kata Johnny menirukan perkataan petugas bandara.

Sekitar setengah jam sebelum keberangkatan, petugas bandara mengumumkan bahwa penerbangan ditunda. Penerbangan akan dilanjutkan jika kondisi sudah membaik. Namun, hingga tiga jam kemudian, hujan abu masih terjadi.

:vid="10775" SURABAYA - Erupsi Gunung Kelud telah melumpuhkan beberapa bandara di Jatim dan Jateng. Salah satunya adalah Bandara Juanda,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News