Pesawat Jatuh saat HUT Australia, Satu WNI Meninggal

Pesawat Jatuh saat HUT Australia, Satu WNI Meninggal
Detik-detik jatuhnya pesawat Grumman G-73 “Mallard” di sungai Swan River Australia, Kamis (26/1). Foto: Mark Annett-Stuart-Jorden Teo

jpnn.com - jpnn.com -Endah Cakrawati, warga negara Indonesia (WNI) bersuai 30 tahun menjadi korban tewas dalam kecelakaan pesawat jenis Grumman G-73 “Mallard” di sungai Swan River Australia, Kamis (26/1).

Endah menjadi korban tewas bersama sang pilot, Peter Lynch (52), saat pertunjukan "Sky Show" pada perayaan Hari Kemerdekaan HUT Australia.

Keduanya terjatuh dalam kecelakaan pesawat di depan ribuan mata penonton yang menyaksikan acara tersebut. Endah saat itu menjadi penumpang dalam pesawat dengan pilot Peter pada Kamis (26/1) pukul 17.00 waktu Australia.

"Kejadian itu sungguh mengerikan dan pesawatnya seperti menukik tajam masuk ke dalam air," kata saksi mata Mark Annete Stuart seperti dilansir Guardian, Jumat (27/1).

Pesawat tersebut merupakan bagian dari atraksi pertunjukan. Akibat peristiwa tersebut, pemerintah Kota Perth membatalkan peluncuran kembang api dalam rangka hari kemerdekaan Australia untuk menghormati korban.

Hari ini, putri Peter, Laura Lynch memposting kesedihannya di Facebook sebagai rasa duka mendalam bagi mendiang ayahnya. "Dengan segala kesulitan dan kesedihan ini saya sebagai anak dan sahabat mengkonfirmasi kebenaran tragedi itu. Sebuah kecelakaan di sungai Swan River kemarin," kata Laura.

Pesawat tersebut sudah ditangani polisi tersebut termasuk mengevakuasi dari sungai oleh Departemen Kepolisian Keamanan dan Keselamatan Transportasi Australia. Kecelakaan tersebut sudah direkam dan disebar hingga viral di dunia maya dan media sosial.

Bagian sayap oleng hingga jatuh ke air lalu patah menjadi dua bagian. Saksi lainnya mengatakan bagian ujung pesawat langsung masuk ke dalam air. "Untuk alasan penyebabnya masih belum diketahui beruntung pesawat ini tidak melukai orang lainnya yang menonton acara tersebut," kata kepolisian Australia Komisioner Stephen Brown.

Endah Cakrawati, warga negara Indonesia (WNI) bersuai 30 tahun menjadi korban tewas dalam kecelakaan pesawat jenis Grumman G-73 “Mallard”

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News