Pesawat Kargo dari China Diperiksa Ketat di Bandara

Pesawat Kargo dari China Diperiksa Ketat di Bandara
Pesawat maskapai penerbangan Air China sedang parkir di Terminal III Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Foto : Antara/ HO/AP II

jpnn.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II terus dan tetap mngawasi pesawat-pesawat kargo dari China dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona.

"Memang yang masih mungkin dan kita masih monitor itu pesawat kargo, karena kalau kargo masih dibolehkan," ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta.

Awaluddin mengatakan bahwa kendati masih diperbolehkan, namun pesawat-pesawat kargo dari China itu harus mematuhi syarat bahwa kru pesawat tidak boleh turun ke sisi darat atau land side.

"Jadi regulator sudah mengeluarkan aturan bahwa dia tetap di dalam pesawat," katanya.

 Kemudian aktu pelayanan atau ground time pesawat kargo dari China tersebut jadi dipersingkat dan diperpendek maksimal hanya dua jam.

Selain itu kargo tersebut akan melalui proses screening dimana proses screening terhadap kargo udara dari China itu adalah Komite Fasilitasi atau Komite FAL .

Komite FAL sendiri berdasarkan aturan Annex 9 International Civil Aviation Organization atau ICAO, ketuanya adalah kepala otoritas bandara, kemudian anggotanya adalah karantina kesehatan, karantina hewan, karantina tumbuhan, beacukai dan sebagainya.

"Jadi proses screening terhadap kargo itu yang bekerja adalah Komite FAL, beda dengan pemeriksaan terhadap passanger," kata Dirut AP II tersebut.

Kemenhub akan mengkaji kelanjutan penerbangan kargo dari China menyusul penyebaran wabah virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News