Pesawat Tanpa Awak BPPT Berisik

Pesawat Tanpa Awak BPPT Berisik
Petugas dari Angkatan Udara mengamati Pesawat Udara Nir-Awak (PUNA) jenis Wulung jelang uji terbang di Landasan Udara Halim Perdanakasuma, Jakarta, Kamis, (11/10). Foto: Raka Denny/JAWA POS
JAKARTA - Pesawat tanpa awak karya Balitbang Kementerian Pertahanan dan Badan Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di uji coba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (11/10). Meski berhasil terbang dengan mulus, pesawat itu dinilai belum sempurna karena pesawat itu tidak berkategori siluman sehingga suara mesinnya bising.

   

"Seharusnya pesawat nirawak tidak mengeluarkan suara. Bisa-bisa ditembak musuh kalau pesawat nirawak kita suaranya seperti itu," kata Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta.

   

Gusti juga mengkritik bahan dasar pesawat yang terbuat dari serat karbon. Meski ringan, namun kekuatannya kalah dibandingkan komposit kevlar yang menjadi badan pesawat nirawak milik Amerika Serikat (AS), Predator.

   

Gusti mengatakan, pesawat nir awak buatan BPPT itu memang dikembangkan untuk kebutuhan sipil. Yakni, untuk memantau wilayah perbatasan dan pemetaan.

JAKARTA - Pesawat tanpa awak karya Balitbang Kementerian Pertahanan dan Badan Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di uji coba di Lanud

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News