Pesawat Waterbombing Fokus Bombardir wilayah OKI Doang, Kok Bisa?

Pesawat Waterbombing Fokus Bombardir wilayah OKI Doang, Kok Bisa?
Foto: DOk/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, pemerintah saat ini terus berupaya mengurangi asap dan pemadaman karhutla di enam wilayah di tanah air. Fokus pemadaman karlahut, ujarnya, kini difokuskan di daerah Ogan Komering Ilir (OKI) karena di wilayah itu, kebakaran paling banyak terjadi di lahan gambut.

“Pemadaman waterbombing terus dilakukan dari 7 pesawat tambah jadi 11 pesawat. Terutama di wilayah OKI itu, karena cara manual saja tidak cukup,” ujar Luhut dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (12/10).

Luhut berharap dengan adanya tambahan bantuan, akan semakin memudahkan pemadaman api di lahan gambut. Saat ini, ujarnya, ada dua pesawat bantuan yang dipakai untuk pemadaman. Yaitu pesawat dan helikopter Chinook dari Singapura. Selain itu, tim gabungan pemadaman titik api juga mulai menggunakan drone untuk mempermudah pencarian titik api.

“Penggunaan waterbombing dengan bahan kimia juga dilakukan di lahan gambut sehingga mempercepat pemadaman,” imbuhnya.

Pemadaman ini, diakuinya, cukup sulit jika tanpa bantuan hujan. Karena itu Indonesia masih akan terus menampung bantuan pesawat tambahan dari negara lain untuk mempercepat pemadaman. (flo/jpnn)


JAKARTA - Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, pemerintah saat ini terus berupaya mengurangi asap dan pemadaman karhutla di enam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News