Peserta Ekspedisi Papua Barat Jangan Alergi Terhadap Perbedaan

Peserta Ekspedisi Papua Barat Jangan Alergi Terhadap Perbedaan
Salah seorang pencetus Ekspedisi NKRI, Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo. FOTO: DOK.Puspen TNI for JPNN.com

jpnn.com - BANDUNG – Salah seorang pencetus Ekspedisi NKRI, Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo mengingatkan para peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 agar jangan alergi terhadap perbedaan yang ada, baik dari segi suku, agama, ras dan adat istiadat.

“Cintailah perbedaan, karena perbedaan juga ciptaan Tuhan,” tegas Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo di Hanggar Para Pusdiklat Passus Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/1).

Ia berharap Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat dapat mempererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. Jangan mengganggu kearifan lokal dengan membawa budaya masing-masing peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat.

“Tingkatkan kepekaan terhadap masyarakat, jangan menyakiti hati masyarakat sekitar dan cepat menyesuaikan dengan lingkungan,” tegas Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo seperti siaran pers Pusat Penerangan TNI.

Lebih lanjut, Suryo Prabowo menekankan agar peserta bisa manfaatkan kesempatan mengikuti ekspedisi ini untuk menggali potensi yang terdapat di Indonesia, khususnya Papua Barat dan menentukan langkah-langkah yang akan diambil berikutnya.

“Kita orang Indonesia harusnya malu, karena orang luar negeri ternyata sudah lebih dulu tahu wilayah Indonesia dibandingkan dengan kita yang asli orang Indonesia,” ujarnya.

Mengakhiri pengarahannya, Suryo Prabowo mengharapkan, hasil Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 ini dapat didokumentasikan dalam bentuk buku-buku dan jurnal ilmiah yang menarik dan kelak dapat diperkaya melalui penyelenggaraan ekspedisi berikutnya.

Eskpedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 melibatkan 1.200 personel, terdiri dari 670 personel  TNI/Polri (396 personel pusat dan 274 personel daerah), 530 personel sipil (pusat 344 personel pusat dan 186 personel daerah) yang terdiri dari relawan, mahasiswa dan tenaga ahli.

BANDUNG – Salah seorang pencetus Ekspedisi NKRI, Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo mengingatkan para peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News