Peserta Gowes Nusantara Etape Demak Naik Berlipat-lipat

Peserta Gowes Nusantara Etape Demak Naik Berlipat-lipat
Gowes Nusantara 2019 etape Demak. Foto: kemenpora

Gowes Nusantara 2019 menyambangi Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada Minggu (13/10). Salah satu program unggulan Kemenpora dalam membudayakan olahraga di kalangan masyarakat itu berlangsung di Lapangan Pancasila. Tak tanggung-tanggung, pesertanya membeludak hampir tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Jika tahun sebelumnya hanya dikisaran 2.500 peserta, maka kini kegiatan Gowes Nusantara di kota Demak itu naik hampir tiga kali lipat, mencapai 6.000 sampai 7.000, padahal Panpel mengaku hanya menargetkan 3.000-an peserta yang ambil bagian.

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Aris Subiono meyebut tingginya minat masyarakat mengikuti Gowes Nusantara membuktikan mereka memiliki tingkat kesadaran olahraga. Mereka menjadikan sport sebagai gaya hidup dalam upaya menunjang kebugaran.

”Gowes Nusantara sebagai salah satu program Kemenpora dalam upaya meningkatkan kebugaran pada diri masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Kemenpora selalu mendorong lahirnya manusia-manusia unggulan, baik dari fisiknya maupun mental seperti yang tertuang dalam Nawa Cita pembangunan nasional yang digagas oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Aris dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Aris menyebutkan jika tingkat kebugaran masyarakat Indonesia pada tahun 2018 lalu baru mencapai di angka 30 persen, sehingga diharapkannya pada tahun ini akan meningkat menjadi 40 persen.

Sementara itu Muhammad Natsir selaku Bupati Demak menyambut antusias pelaksanaan Gowes Nusantara untuk kedua kalinya ini. Dia menilai kegiatan ini sangat strategis untuk mengajak masyarakat berolahraga.

BACA JUGA: David Haryanto Diterjang Dua Peluru, Tewas dan Tersungkur ke Aspal

”Saya menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang kembali memberikan kesempatan dan kepercaaan kepada Kabupaten Demak untuk menggelar Gowes Nusantara untuk kedua kalinya. Kalau bisa Demak diberi kesempatan setiap tahun,” tegasnya. (dkk/jpnn)

Gowes Nusantara 2019 menyambangi Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada Minggu (13/10). Salah satu program unggulan Kemenpora dalam membudayakan olahraga di kalangan masyarakat itu berlangsung di Lapangan Pancasila.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News