Sabtu, 15 Desember 2018 – 11:14 WIB

Peserta SKB 208 Orang, Berebut 93 Formasi CPNS 2018

Kamis, 06 Desember 2018 – 00:14 WIB
Peserta SKB 208 Orang, Berebut 93 Formasi CPNS 2018 - JPNN.COM

jpnn.com, BERAU - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Berau, Kaltim, siap menggelar SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) tes CPNS 2018 yang dijadwalkan, Senin (10/12).

Kepala BKPP Berau Abdul Rifai menyebut, kepastian pelaksanaan SKB di Bumi Batiwakkal – sebutan Kabupaten Berau – baru diketahui setelah adanya pemberitahuan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) regional Banjarmasin pada Senin (2/12) malam.

Hal itu juga dibarengi dengan pemberitahuan penerapan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) 61/2018 tentang optimalisasi kebutuhan formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dalam aturan itu dijelaskannya, dibuat dengan dasar memenuhi kekurangan jumlah peserta yang lolos berdasarkan standar nilai SKD beberapa waktu lalu.

"Seperti kita ketahui, pada aturan itu peserta yang berhak ikut SKB tidak lagi berdasarkan nilai minimal, tapi ranking di setiap formasi. Ini tentu bagus untuk menutupi kekurangan sebelumnya, karena hanya 34 orang yang berhasil memenuhi standar nilai passing grade SKD yang lalu," ujarnya seperti diberitakan Berau Post (Jawa Pos Group).

Pelaksanaan SKB juga menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Tes yang akan dilaksanakan dalam satu hari, dibagi menjadi dua kloter, dengan ketentuan yang sama seperti pelaksanaan SKD sebelumnya.

Berdasarkan hasil perhitungan ranking diutarakan Rifai, jumlah peserta CPNS Berau yang Berhak mengikuti SKB sebanyak 208 orang, untuk memperebutkan 93 formasi. Sebagaimana mekanisme yang diatur, lanjut dia, peserta yang nantinya dinyatakan lolos merupakan perhitungan berdasarkan hasil akumulasi nilai SKD dan SKB.

“Jadi semua masih memiliki kesempatan untuk lolos dengan mencari poin sebanyak-banyaknya di SKB nanti. Untuk memastikan apakah termasuk yang lolos atau tidak, bisa liat pengumumannya di kantor," jelasnya. (sam/udi)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar