Peserta Ujian SBMPTN Terbanyak Kelompok Sosial dan Hukum

Peserta Ujian SBMPTN Terbanyak Kelompok Sosial dan Hukum
Ilustrasi SBMPTN. Foto: pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) 2018 Prof Ravik Karsidi mengungkapkan, kelompok ujian Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2018 terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sains dan   Teknologi (TKD Saintek).

Kedua, Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum).

Ketiga, Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

"Dari kelompok ujian, peserta SBMPTN terbanyak di Soshum," kata Ravik, Selasa (8/5).

Data panitia pusat SNPMB PTN menyebutkan jumlah peserta berdasarkan kelompok ujian adalah 341.290 peserta Saintek, 359.140 peserta Soshum dan 159.571 peserta campuran. 

Ravik menjelaskan, bagi peserta yang memilih program studi (prodi) bidang seni dan keolahragaan selain ujian tulis juga akan mengikuti ujian keterampilan yang akan dilaksanakan pada Rabu (9/5) Mei atau Jumat (11/5) di masing-masing PTN penyelenggara ujian keterampilan.

Data total peserta yang mengikuti ujian keterampilan sebanyak 55.394 peserta yang terdiri dari, 28.663 peserta ujian keterampilan Pendidikan Jasmani dan Olah Raga, 14.753 peserta Seni Rupa, Desain dan Kriya.

Kemudian 3.205 peserta Seni  Musik, 3.139 peserta Sendratasik, 1.673 peserta Tari, 1.605 peserta Film dan Televisi, 776 peserta Fotografi, 582 peserta Seni Karawitan, 560 peserta Teater dan Seni Pertunjukan, dan 438 peserta Etnomusikologi. (esy/jpnn)


Bagi peserta SBMPTN yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan selain ujian tulis juga akan mengikuti ujian keterampilan.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News