Pesona Singkawang Naikkan Target Wisman

Pesona Singkawang Naikkan Target Wisman
Pesona Singkawang Naikkan Target Wisman
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah konsen dengan kepariwisataan di Kalimantan, khususnya Singkawang, Kalimantan Barat, beberapa jalur strategis udara, laut, dan darat. Sementara wilayah Entikong merupakan gerbang internasional atau perbatasan Malaysia dengan status VoA. Data kunjungan wisatawan asing melalui Entikong periode Januari-September mencapai 18.099 wisatawan. Jumlah tersebut naik 5.84 persen dibanding tahun sebelumnya.

 

"Singkawang kota yang memiliki potensi wisata yang lengkap. Dari alam, etnis, budaya dan kulinernya semua menarik untuk dibahas dan dijual," kata Sapta Nirwandar, wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Sapta Pesona belum lama ini.

Dipastikan, letaknya yang strategis, dan memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan Entikong dan Singkawang mampu mendukung target kunjungan wisman tiap tahunnya. Meski dari data masih belum maksimal, karena baru menyumbang 0,4 persen dari jumlah wisman ke Indonesia. Akan tetapi dengan berbagai pengembangan, mulai dari melestarikan budaya etnik dengan menggaet komunitas Tionghoa, karena Singkawang merupakan kota seribu Klenteng. Tak jarang alasan religi dan budaya juga mendongkrak jumlah wisatawan asing untuk masuk ke Indonesia melalui Entikong.

"Ke depan dengan banyaknya kegiatan, baik kegiatan keagamaan, budaya pastinya dari Entikong saja bisa menyumbang lebih dibandingkan dengan jumlah sekarang, yang masih harus terus digenjot melalui promosi yang kita lakukan," ujar Sapta.

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah konsen dengan kepariwisataan di Kalimantan, khususnya Singkawang, Kalimantan Barat, beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News