Pesparani Membawa Semangat Perdamaian di Tengah Hidup Keberagaman dan Kebangsaan

Pesparani Membawa Semangat Perdamaian di Tengah Hidup Keberagaman dan Kebangsaan
Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Agustinus Heri Wibowo, Pr. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Agustinus Heri Wibowo, Pr merespons Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional III di Jakarta yang berlangsung sejak 27 Oktober hingga 2 November 2023.

Menurut Romo Heri, Indonesia tidak terlepas dari pluralitas dan keberagaman karena itu jati diri bangsa.

Lebih lanjut, Romo Heri mengatakan kekhasan bangsa Indonesia adalah walaupun berbeda-beda, tetapi satu juga seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Oleh karena itu, Pesparani ini juga mau membawa semangat perdamaian di tengah hidup keberagaman dan kebangsaan,” ujar Romo Heri kepada JPNN.com di Jakarta, Selasa (1/11/2023).

Menurut Romo Heri, hal ini juga sesuai dengan semangat “100 persen Katolik dan 100 persen Indonesia”.

Romo Heri menegaskan kekatolikan itu tidak pernah bertentangan dengan Keindonesiaan. Keindonesiaan itu makin menguatkan kekatolikan.

Pada kesempatan itu, Romo Heri merespons sejumlah kegiatan saat Pesparani termasuk Dialog Kebangsaan bertajuk “Bersatu Merajut Kebersamaan Dalam Keberagaman Memerkokoh Karakter Keindonesian Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila” di Hotel Novotel - Mangga Dua Square, Jakarta, Senin (30/10/2023).

“Jadi, momen-momen seperti defile, seminar dan berbagai macam kegiatan (Pesparani, red), selain bersifat internal untuk menguatkan iman dan pembinaan musik dan liturgi gerejani, juga aspek keluarnya makin cinta tanah air,” ujar Romo Heri.

Sekretaris Eksekutif Komisi HAAK KWI Romo Agustinus Heri Wibowo mengatakan Pesparanimau membawa semangat perdamaian di tengah hidup keberagaman dan kebangsaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News