Petani Cabai Sepakat Ikut Amankan Pasokan Jelang HBKN

Petani Cabai Sepakat Ikut Amankan Pasokan Jelang HBKN
Petani cabai sepakat ikut amankan pasokan cabai jelang HBKN

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1422 H tahun ini, Kementan di bawah komando Syahrul Yasin Limpo semakin ketat memastikan ketersediaan pangan strategis.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan, Direktorat Jenderal Hortikultura bersama dengan pelaku usaha cabai optimis pasokan cabai tahun ini aman.

Hal ini diketahui melalui koordinasi dengan para pelaku usaha (petani) cabai di wilayah sentra-sentra besar di Jawa. Di antaranya Blitar, Kediri, Tuban, Magelang, Temanggung, Kebumen, Boyolali, Banjarnegara, Bandung, Garut, Cianjur, Sumedang, Kulon Progo dan Sleman.

"Untuk menghadapi Ramadan dan Idul Fitri kita harus pastikan agar cabai tersedia dalam jumlah yang cukup. Gejolak harga yang terjadi beberapa bulan ini tidak berlanjut hingga memasuki bulan puasa nanti," ujar Sesditjen Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari, dalam keterangan resminta di Jakarta, Senin (29/3).

Wanita kelahiran Klaten itu juga mengajak petani untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga ketersediaan cabai.

"Cabai itu tidak bisa disimpan di gudang. Stoknya di lapangan dalam bentuk standing crop. Kepemilikannya adalah petani, maka kami berharap agar petani bersinergi dengan Ditjen Hortikultura dalam mewujudkan stabilisasi pasokan dan harga," ujar Retno.

Lebih lanjut, Ditjen Hortikultura menyusun rencana aksi pengendalian fluktuasi harga cabai dengan tiga cara bertindak mulai dari peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi produk turunan cabai serta penguatan sistem cadangan dan sistem logistik.

"Pada 2021 ini, Ditjen Hortikultura akan mengembangkan cabai melalui program kampung cabai," kata Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto.

Menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1422 H tahun ini, Kementan di bawah komando Syahrul Yasin Limpo semakin ketat memastikan ketersediaan pangan strategis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News