Petani Cikarang Tetap Semangat Tanam Padi di Tengah Pandemi Corona

Petani Cikarang Tetap Semangat Tanam Padi di Tengah Pandemi Corona
Petani di Cikarang tetap beraktivitas di tengah pandemi corona. Foto dok Kementan

jpnn.com, CIKARANG - Ancaman Covid-19 tidak membuat petani patah semangat dalam menyediakan bahan pangan. Seperti yang terjadi di Kp. Cilampayan Desa Pasirtanjung Kecamatan Cikarang, Pusat Kabupaten Bekasi yang sedang dilakukan pengolahan lahan sawah dengan menggunakan TR4 di areal sawah 25 hektare (Ha).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, masa pandemi Covid-19 ini adalah saatnya semua lini bergerak untuk membantu dan meyakinkan bahwa kondisi akan baik.

"Negara sedang dalam kondisi yang tidak biasa dan kita sebagai pejabat pemerintah di bidang pertanian harus hadir menyelamatkan 267 juta jiwa penduduk Indonesia," ujar Mentan SYL.

Ditambahkan Mentan SYL, yang terlihat bahwa panen padi masih berlangsung di beberapa wilayah, proses menanan juga langsung dilakukan, kebutuhan pangan rakyat dipastikan tercukupi.

“Ada dua sektor yang tidak boleh berhenti dalam situasi seperti ini yaitu sektor pertanian dan dan kesehatan. Oleh karena itu, Kita tidak boleh lengah menyediakan bahan pangan," tuturnya.

Sementara, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan ketersediaan air melalui Jaringan Irigasi yang optimal.

Selain itu, juga akan dimaksimalkan penggunaan alat mesin pertanian seperti traktor roda 2 dan roda 4 untuk pengolahan tanah persiapan musim tanam.

“Proses panen dan tanam harus terus berjalan. Dengan menggunakan Alsintan, maka tidak membutuhkan banyak orang berkerumun saat melaksanakan panen. Alsintan seperti traktor roda 2 dan roda 4 juga bisa dimaksimalkan untuk pengelolaan tanah menjelang musim tanam,” ucapnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, masa pandemi Covid-19 ini saatnya semua lini bergerak untuk membantu dan meyakinkan bahwa kondisi akan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News