Petani Didorong Tingkatkan Skala Usaha dengan Akses KUR

Petani Didorong Tingkatkan Skala Usaha dengan Akses KUR
SMK-PP Negeri Banjarbaru mengadakan Millenial Agriculture Forum (MAF) edisi Tani Akur dengan tema “Petani Naik Kelas dengan KUR” di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kusan Hilir, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu (16/8). Foto: Kementan

jpnn.com, TANAH BUMBU - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian terus mendorong proses regenerasi petani dan pengembangan usaha pertanian melalui akses permodalan khususnya kredit usaha rakyat (KUR).

Dalam meningkatkan minat generasi muda untuk berbisnis di bidang pertanian ialah melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang disupport oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD), sebuah lembaga pembiayaan internasional di bidang pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan RI) terus mendorong dan mengajak keterlibatan generasi milenial dalam sektor pertanian, salah satunya melalui program YESS dan mengajak anak muda untuk tak ragu terjun ke usaha sektor pertanian.

"Petani milenial itu lebih open mind, tinggal harus di-trigger lebih kuat. Yang muda itu punya militansi tinggi, aku mau lihat kamu kaya," ujar Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengingatkan pentingnya akses permodalan bagi para pelaku bisnis pertanian.

"Kegiatan utama pembangunan petani milenial saat ini adalah agar mereka dapat mengembangkan skala usaha dan mengakses permodalan khsusunya KUR. Kalau sudah ambil KUR dia sudah menjadi petani pengusaha milenial," jelas Dedi.

Kementan terus memasifkan informasi mengenai akses KUR bagi Petani Milenial, yang kali ini dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknisnya SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) YESS Programme Kalimantan Selatan.

SMK-PP Negeri Banjarbaru kali ini mengadakan Millenial Agriculture Forum (MAF) edisi Tani Akur dengan tema “Petani Naik Kelas dengan KUR” yang disiarkan langsung dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kusan Hilir, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu (16/8).

BPPSDMP mendorong proses regenerasi petani dan pengembangan usaha pertanian melalui akses permodalan khususnya kredit usaha rakyat (KUR).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News