Petani Garam Mengeluh Harga Anjlok

Petani Garam Mengeluh Harga Anjlok
Petani Garam Mengeluh Harga Anjlok
JAKARTA- Impor garam telah membuat petani garam lokal dalam kondisi memprihatinkan. Anggota Komisi IV DPR Sukiman meminta pemerintah memerhatikan petani garam nasional. "Pemerintah harus punya komitmen terhadap petani garam. Kalau garam mereka tidak laku, pemerintahlah yang harus membelinya," ujar politisi PAN ini di Gedung DPR.

Sukiman mengaku, dirinya banyak sekali dapat keluhan dari petani garam. Keluhan tersebut disampaikan kepadanya melalui telepon. "Ada yang SMS, dan ada juga yang pakai surat. Hampir tiap hari saya dapat keluhan. Ada yang dari Madura, dari Brebes, dan juga dari NTB," terangnya.

Dia merasa sedih karena harga garam kini sangat anjlok. Harga garam di tingkat petani hanya sekitar Rp 25 per kilogram. Gara-gara harga yang sangat murah banyak petani yang memilih tidak produksi. "Makanya pemerintah harus turun. Beli garam mereka, agar petani semangat lagi," imbuhnya.

Pemerintah menargetkan tahun 2013 Indonesia swasembada garam. Tapi, kata Sukiman, hal ini tidak akan tercapai kalau nasib pertani garam tidak diperhatikan. Para petani garam bisa beralih profesi kalau hasil produksi mereka mudah dan tidak ada yang beli. (yay)
Berita Selanjutnya:
Tambang Emas Martabe Tutup

JAKARTA- Impor garam telah membuat petani garam lokal dalam kondisi memprihatinkan. Anggota Komisi IV DPR Sukiman meminta pemerintah memerhatikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News