Petani Pangkep Panen Raya Berkat Teknologi CSA

Petani Pangkep Panen Raya Berkat Teknologi CSA
Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep melaksanakan farmer field day (FFD) dan panen raya di Kelurahan Ma'rang, Senin (8/8). Foto: Kementan

jpnn.com, PANGKEP - Pembangunan pertanian di Sulawesi Selatan terus mengalami peningkatan dan banyak merasakan dampak positif dari penerapan teknologi Climate Smart Agriculture (CSA) lewat Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP).

SIMURP merupakan salah satu program utama Kementerian Pertanian yang berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP).

Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep, Senin (8/8), melaksanakan farmer field day (FFD) dan panen raya di Kelurahan Ma'rang, Kecamatan Marang yang dihadiri Asisten II Kabupaten Pangkejene Kepulauan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep, Camat Ma’rang, danramil, kapolsek, Lurah Ma'rang, penyuluh pertanian, dan petani penerima manfaat SIMURP.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep Agustina Wangsa mengatakan program FFD merupakan bagian dari Program SIMURP.

"Melalui FFD diharapkan dapat meningkatkan kompetensi petani dan pengetahuan petani akan teknologi CSA," ujar dia.

FFD juga merupakan salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antarpetani, peneliti, dan penyuluh untuk saling bertukar informasi.

"FFD juga menjadi ajang mensosialisasikan penerapan teknologi CSA kepada petani dan masyarakat. Sekaligus menjadikan ajang pembuktian hasil produktivitas dari penerapan CSA dengan konvensional," ujar Agustina.

Dia menambahkan jika CSA SIMURP benar-benar memberikan bukti nyata. Hal ini terbukti dari hasil ubinan tahun ini sebesar 6,96 ton, di mana terjadi peningkatan produktivitas dibandingkan dengan tahun sebelumnya sekitar 6,24 ton. Terjadi kenaikan sekitar 0,70 ton dari tahun sebelumnya.

Teknologi CSA membawa dampak positif buat pertanian di Pangkep, Sulawesi Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News