Peter F Gontha Minta Fadli Zon Cs Dekati Senat Polandia

Demi Akses Indonesia ke Uni Eropa

Peter F Gontha Minta Fadli Zon Cs Dekati Senat Polandia
Duta Besar RU untuk Polandia Peter F Gontha (nomor 4 dari kanan) berfoto bersama delegasi DPR pimpinan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon yang sedang berkunjung di Warsawa, Minggu (19/11). Foto: dokumentasi Fadli Zon for JPNN

jpnn.com, WARSAWA - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Polandia Peter F Gontha meminta bantuan DPR untuk aktif melobi parlemen di negeri tempatannya. Menurutnya, Polandia bisa menjadi kunci penting bagi RI untuk mengakses Uni Eropa (UE).

Peter mengatakan hal itu dalam briefing kunjungan muhibah Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Warsawa, Polandia, Minggu (19/11) malam. Ambasador berlatar belakang pengusaha itu menjelaskan, tak ada isu politik yang menonjol antara Indonesia dengan Polandia.

“Tapi kami berharap kita bisa bantu Polandia, karena Polandia bisa bantu kita mengakses Uni Eropa,” tutur Peter.

Mantan presenter yang juga dikenal sebagai impresario jazz itu menambahkan, saat ini banyak tokoh Polandia yang menduduki posisi penting di Uni Eropa. Bahkan, presiden Dewan Uni Eropa saat ini adalah Donald Tusk yang juga mantan perdana menteri Polandia.

Karena itu Peter mengharapkan delegasi DPR pimpinan Fadli Zon yang akan bertemu dengan senat Polandia bisa memanfaatkan forum tersebut bagi kepentingan Indonesia di Uni Eropa. “Besok (20/11) bapak-bapak (delegasi DPR, red) bertemu senat Polandia. Kami minta bantuan DPR saat bertemu senat (untuk mendorong akses Indonesia ke Uni Eropa red),” ujar Peter.

Menanggapi hal itu, Fadli mengatakan bahwa paparan Peter merupakan masukan berharga bagi DPR, terutama sebagai bekal saat bertemu senat Polandia. “Paparan tentang geopolitik, geostrategi dan geoekonomi Polandia ini menjadi penting bagi kami,” ujar Fadli.

Karena itu, Fadli ketika bertemu dengan senat Polandia akan berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan forum itu untuk lobi. “Karena bagaimanapun politik luar negeri kita demi kepentingan nasional kita,” tegasnya.(ara/jpnn)


Dubes RI untuk Polandia Peter F Gontha meminta bantuan DPR untuk aktif melobi parlemen di negeri tempatannya demi mendorong akses Indonesia ke Uni Eropa.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News