Peternak Tuntut Subsidi Pakan

Peternak Tuntut Subsidi Pakan
Peternak Tuntut Subsidi Pakan
JAKARTA--Tahun 2014, Indonesia menargetkan swasembada daging. Namun demikian, Ketua Forum Peternak Sapi Indonesia, Ir Bambang Purwohadi mengatakan, hingga saat ini para peternak sapi masih dinilai kurang mendapatkan perhatian pemerintah. Contohnya, meski telah disampaikan laporan kpada pemerintah bahwa peternak sapi harus menanggung 80 persen produksi hanya untuk memenuhi pakan ternak saja, namun hingga saat ini pemerintah tidak pernah memberikan subsidi pakan ternak.

''Biaya produksi peternakan itu hampir 80 persen dari pakan ternak saja. Tapi kita tak pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Padahal di beberapa negara berkembang dan maju, peternak mereka mendapatkan subsidi,'' kata Bambang kepada JPNN, di Jakarta Convention Center, Jakarta  Sabtu (13/3).

Bambang mengatakan, bila pemerintah memberikan subsidi pakan ternak, meski sekecil apapun akan berpengaruh besar terhadap daya saing petani dan juga peternak. Karena dengan subsidi, pakan ternak dengan kualitas baik dapat terpenuhi. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas produksi sapi.

''Keluhan terbesar peternak berasal dari pakan ternak dan posisi tanpa subsidi ini. Karena itulah, kita sangat mendukung sekali ada usulan mengenai pembentukan BUMN sektor peternakan,'' katanya.

JAKARTA--Tahun 2014, Indonesia menargetkan swasembada daging. Namun demikian, Ketua Forum Peternak Sapi Indonesia, Ir Bambang Purwohadi mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News