Peternakan di Papua Diminati Selandia Baru

Peternakan di Papua Diminati Selandia Baru
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Himawan Hariyoga mengatakan, sebuah investor berminat menanamkan modal dalam bentuk pastoral cattle farm di Papua Barat. Peternakan pastoral umumnya bertujuan membiakkan sapi di peternakan di padang rumput.

Investor telah menemukan padang rumput datar yang sesuai dengan kebutuhan peternakan di sekitar Manokwari, Papua Barat. Sapi induk akan didatangkan dari Australia. ’’Infrastruktur yang minim tidak akan menjadi kendala bagi peternakan sapi,’’ ujar Himawan akhir pekan kemarin.

Investor akan mendatangkan generator untuk memasok listrik. Sedangkan pasokan air bersih tersedia secara alami di padang rumput tersebut. ’’Peternakan sapi itu akan berdampak positif terhadap supply sapi potong di Indonesia,’’ kata Himawan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menambahkan, penguasa pasar jasa kesehatan di Selandia Baru juga berencana membuka usaha laboratorium pendeteksi kanker, jasa radiologi, dan klinik.

Mereka akan berpartner dengan perusahaan lokal yang merupakan investment company. ’’Bisnis ini sangat besar karena pemerintah mengeluarkan kebijakan dan sangat concern terhadap kesehatan nasional,’’ tutur Franky.

Bidang usaha lain yang diminati investor adalah penjernihan air bertenaga matahari. Rencananya, investor tersebut mendirikan perusahaan modal ventura dengan mitra dalam negeri. (dee/jos/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News