Petinggi Kemendagri Apresiasi Kinerja Samsat Palangkaraya, Terobosannya Mantap

Petinggi Kemendagri Apresiasi Kinerja Samsat Palangkaraya, Terobosannya Mantap
Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni saat melakukan kunjungan kerja ke Samsat Palangkaraya pada Sabtu (6/8). Foto: dokumentasi Kemendagri

jpnn.com, PALANGKARAYA - Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni mengapresiasi inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) Samsat Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Hal itu disampaikan Fatoni saat melakukan kunjungan kerja ke Samsat Palangkaraya pada Sabtu (6/8).

Menurut dia, Samsat Palangkaraya memiliki berbagai inovasi dan terobosan yang mempermudah wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan.

Hal itu berdampak pada tingkat kepatuhan pembayaran pajak masyarakat yang dinilai semakin meningkat.

Kepatuhan itu juga tentunya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) merupakan salah satu sumber PAD yang sangat potensial dan menjadi primadona," ucap Fatoni dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/8).

Berbagai inovasi yang dilakukan oleh Samsat Kota Palangkaraya, yakni masyarakat bisa membayar pajak PKB hanya dengan menggunakan aplikasi Samolim yang dapat diunduh melalui google AppStore.

Inovasi lainnya adalah layanan SiJempol yang dikhususkan bagi wajib pajak dengan kondisi khusus, seperti difabel, lansia, dan kondisi sakit.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni mengapresiasi inovasi layanan pembayaran PKB Samsat Palangkaraya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News