Petrogres Bangun Pabrik Amoniak -Urea II

Harap Pasokan Gas Tak Terganggu

Petrogres Bangun Pabrik Amoniak -Urea II
Petrogres Bangun Pabrik Amoniak -Urea II
JAKARTA - PT Petrokimia Gresik (Petrogres) bakal segera merealisasikan pembangunan pabrik Amoniak - Urea II dengan kapasitas 825 ribu ton amoniak dan 570 ribu ton urea pertahun. Realisasi pabrik itu menjadi upaya mengurangi ketergantungan terhadap impor amoniak yang fluktuasi ketersediaan dan harganya di pasar sulit diprediksi.

Dirut PT Petrogres Hidayat Nyakman mengatakan, pabrik Amoniak- Urea II itu direncanakan sudah bisa berproduksi pada triwulan kedua tahun 2016. Investasinya berkisar USD 560 - 580 juta. Menurut Hidayat, jumlah itu tidak berbeda jauh dengan proyek Kaltim V milik PT Pupuk Kaltim dan pabrik pupuk urea II B milik PT Pupuk Sriwijaya.

Dibangunnya pabrik itu, pemenuhan kebutuhan bahan baku untuk memproduksi pupuk NPK sejumlah 2,8 juta ton pertahun dan pupuk ZA 750 ribu ton pertahun akan terjamin tanpa bergantung impor amoniak. "Itu sekaligus langkah penghematan devisa negara," kata Hidayat di Jakarta, kemarin (11/2).

Kemampuan Petrogres dalam memproduksi urea juga akan meningkat dari 450 ribu ton pertahun menjadi sekitar 1 juta ton pertahun. Itu menjadikan pemenuhan kebutuhan pupuk urea khususnya di Jawa Timur akan lebih terjamin.

JAKARTA - PT Petrokimia Gresik (Petrogres) bakal segera merealisasikan pembangunan pabrik Amoniak - Urea II dengan kapasitas 825 ribu ton amoniak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News