Petugas BPJS SATU! Selalu Siap Untuk Membantu

Petugas BPJS SATU! Selalu Siap Untuk Membantu
BPJS Kesehatan menghadirkan inovasi BPJS SATU!, singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu kepada peserta JKN-KIS di rumah sakit. Foto/ilustrasi: BPJS Kesehatan.

jpnn.com, SULTENG - BPJS Kesehatan menghadirkan inovasi BPJS SATU!, singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di rumah sakit.

BPJS Satu! merupakan upaya meningkatkan kepuasan peserta Program JKN-KIS terhadap pelayanan di fasilitas kesehatan.

BPJS Satu! melalui petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit selalu berusaha hadir memberikan informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta JKN KIS, salah satunya yang ada di RSUD Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, baik lewat on site/mobile.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Tojo Una-Una Sofly Kotambunan mengatakan tugas utama petugas PIPP bukan hanya sebatas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN-KIS di RS namun juga wajib menjelaskan kepada petugas RS terkait pengaduan peserta.

"Petugas PIPP juga harus melakukan monitoring dan evaluasi aplikasi SIPP. Walaupun dengan tugas utamanya yaitu membantu peserta mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit sesuai prosedur. Misalnya membantu peserta JKN-KIS yang lupa membawa rujukan online, poli tujuan tidak sesuai, data peserta yang tidak sesuai, kartu tidak aktif serta menjelaskan denda keterlambatan membayar iuran dan lain-lain," jelas Sofly.

Sofly juga menambahkan, manfaat keberadaan petugas PIPP di RS sangat dirasakan peserta dan petugas RS.

Bertepatan dengan HUT ke-53 BPJS Kesehatan pada 15 Juli 2021, sebagai bentuk kepedulian bagi peserta JKN yang saat ini sedang dirawat, BPJS SATU! melalui petugas PIPP juga memberikan suvenir berupa handuk berlogo BPJS Kesehatan di ruang perawatan anak RSUD Ampana.

Salah satu pasien yang dikunjungi petugas, Sri Rahayu, yang baru saja mendapatkan pelayanan persalinan mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya pelayanan informasi dari BPJS SATU!.

BPJS Kesehatan menghadirkan inovasi BPJS SATU!, singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di rumah sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News