Petugas KPU Letih, Rebahkan Kepala Sejenak di Atas Meja

Petugas KPU Letih, Rebahkan Kepala Sejenak di Atas Meja
Petugas KPU melayani pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019. Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KELETIHAN tergambar jelas dari wajah puluhan petugas yang dipersiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) membantu proses pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Ken Girsang - Jakarta

Saking lelahnya, beberapa di antara mereka bahkan tak sungkan merebahkan kepala sejenak di atas meja, di antara ratusan box-box yang memuat data administrasi anggota dan pengurus parpol yang telah datang mendaftar.

Tepatnya di lantai dua, gedung utama KPU yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Keletihan puluhan petugas begitu nyata terlihat beberapa hari terakhir. Tepatnya sejak Senin (16/10). Para petugas harus bekerja ekstra.

Maklum, pendaftaran hari terakhir dibuka hingga Pukul 23.59 WIB. Berbeda dari masa awal pendaftaran 3-15 Oktober, hanya dibuka sejak Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 16.00 WIB.

Selain batas waktu yang lebih panjang, petugas juga disibukkan karena banyak parpol datang mendaftar di hari terakhir. Tercatat setidaknya ada 16 parpol yang datang.

Padahal data yang hendak diperiksa sangat banyak. Sebagai gambaran, untuk pengurus di tingkat pusat ada sebelas dokumen terdiri dari ribuan data yang harus diperiksa kelengkapannya.

Petugas KPU letih melayani pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019. Maklum, hari terakhir dibuka hingga Pukul 23.59 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News