Pfizer Tidak Becus, Negara Ini Ogah Melunasi Pembelian Vaksin COVID-19

Pfizer Tidak Becus, Negara Ini Ogah Melunasi Pembelian Vaksin COVID-19
Vaksin COVID-19 bikinan Pfizer. Foto: Reuters

jpnn.com, STOCKHOLM - Badan Kesehatan Swedia menunda pembayaran vaksin COVID-19 buatan Pfizer Inc karena masih menunggu klarifikasi dari pembuat vaksin mengenai jumlah dosis yang tersedia pada tiap tabungnya.

Pfizer membuat tagihan untuk enam dosis tiap tabung vaksin untuk Swedia, sementara kontrak pembelian menyebutkan negara itu akan membayar lima dosis vaksin per tabung.

Swedia berharap Komisi Eropa dan Pfizer dapat menyepakati jumlah dosis yang akan dikirim per vial atau tabungnya.

"Sampai ada kejelasan, kami telah memberi tahu perusahaan kita harus menunggu informasi yang jelas dan sesuai dengan tagihan," kata Kepala Epidemiolog Badan Kesehatan Swedia, Anders Tegnell, sebagaimana dikutip oleh Dagens Nyheter.

Kantor perwakilan Pfizer di Swedia menolak menanggapi pertanyaan terkait masalah tersebut. Namun, pihak perusahaan memastikan ada enam dosis per tabungnya.

EU dan Pfizer semula sepakat tiap tabung akan berisi lima dosis vaksin. Namun kemudian, ada dosis keenam yang dapat diambil menggunakan jarum suntik khusus.

"Ini tidak dapat diterima. Jika satu negara hanya mampu mengeluarkan lima dosis vaksin, mereka mendapatkan dosis yang lebih sedikit untuk harga yang sama (untuk enam dosis, red)," kata Koordinator Vaksin Swedia, Richard Bergstrom saat diwawancarai media tersebut.

Juru bicara Badan Kesehatan Swedia mengatakan ia tidak dapat menanggapi pertanyaan terkait isi berita tersebut.

Pfizer membuat tagihan untuk enam dosis tiap tabung vaksin untuk Swedia, sementara kontrak pembelian menyebutkan negara itu akan membayar lima dosis vaksin per tabung

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News