Piawai Dalam MLM

Piawai Dalam MLM
Piawai Dalam MLM
Nama S Abrian Nathan cukup dikenal di dunia multi level marketing (MLM). Dialah 'konseptor' bisnis direct selling MLM yang telah menasional itu. Bakatnya berbisnis rupanya sudah dimulai sejak dia masih duduk di bangku sekolah. Bagaimana ceritanya?

Bakat bisnis nampaknya sudah mengalir dalam darah pria kelahiran Bandung, 5 Oktober 1962 ini. Ketika masih duduk dibangku SMP, dia mulai menyalurkan minuman ringan hingga membuka usaha jual-beli mobil. Bahkan dengan kerja kerasnya itu dia mampu membiayai sendiri pendidikannya hingga ke Fakultas Teknik Elektro Universitas Maranatha Bandung. Saudara iparlah yang 'menjerumuskannya' ke bisnis MLM. ''Saya ditantang saudara ipar untuk memasarkan produk Sun Chlorella secara MLM,'' ujarnya.

Padahal kala itu, akhir 1985, sistem MLM merupakan barang baru di Indonesia. Sementara, di Malaysia, Hongkong, Singapura, bahkan Amerika Serikat, bisnis ini sudah sedemikian jauh merasuki masyarakat. ''Saya mulai set-up company di Bandung, PT Nusantara Sun Chlorella. Saya akan coba tiga tahun, full speed, full power,'' kata pria yang hobi olahraga ini.

 

Ternyata, hanya dengan tim 10 orang, dalam setahun hasilnya sudah bagus. Nama Sun Chlorella jadi buah pembicaraan di mana-mana. Karena produknya hanya bisa dibeli oleh member, maka jaringan distribusinya makin luas. Ketika itu, Abrian memilih menjadi koordinator penjualan. Dia memposisikan member sebagai mitra usaha yang diberi motivasi kewirausahaan untuk mengembangkan jaringan masing-masing. Kemudian dia meningkat jadi marketing executive dan direktur penjualan.

Nama S Abrian Nathan cukup dikenal di dunia multi level marketing (MLM). Dialah 'konseptor' bisnis direct selling MLM yang telah menasional itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News