Pidato Anies Sebut Istilah Pribumi, PAN Lontarkan Pujian

Pidato Anies Sebut Istilah Pribumi, PAN Lontarkan Pujian
Yandri Susanto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Yandri Susanto menilai pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyinggung istilah pribumi sebagai hal positif. Sebab, faktanya perekonomian nasional termasuk peredaran uang dan lahan memang dikuasai segelintir orang.

“Kalau kita mau sadar yang terpinggirkan itu pribumi yang sebenarnya ya mungkin Betawi. Betawi kan hampir terusir dari tanahnya sendiri atau orang-orang yang selama ini punya kemampuan tapi tidak diberikan kesempatan," ucap Yandri di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (17/10).

Karena itu, Yandri menyebut pidato Anies yang mengacu era kolonial tentang penjajahan terhadap pribumi merupakan pemicu untuk membangkitkan semangat anak-anak bangsa agar terpacu agar menjadi yang terbaik. Yandri meyakini Anies hendak memacu semangat warga untuk bangkit.

“Jangan hanya segelintir orang saja yang menguasai ekonomi, tapi kita menggerakkan ekonomi itu secara bersama-sama. Semua kalangan apakah itu dari Kalimatan, dari Sumatera, Jawa, dari mana pun," tutur wakil sekretaris jenderal PAN itu.

Lagi pula, tambah anggota Komisi II DPR ini, pidato Anies tidak menyudutkan pihak lain atau menyerang kelompok tertentu. Yandri pun menganggap pidato Anies yang menyebut istilah pribuma bukanlah persoalan.

"Kalau saya sih gak ada masalah, dan yang penting kan maknanya. Dia mengajak rakyat yang dimaksud pribumi itu yang dimaksud Pak Anies yang terpinggirkan, yang gak punya kesempatan untuk bangkit bersama-sama," tambahnya.(fat/jpnn)


Sekretaris Fraksi PAN DPR Yandri Susanto menilai pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyinggung istilah pribumi sebagai hal positif.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News