Pidato di Sidang Paripurna yang Dihadiri Jokowi, Puan Ungkit Kerja DPR

Pidato di Sidang Paripurna yang Dihadiri Jokowi, Puan Ungkit Kerja DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkit tentang capaian parlemen bersama pemerintah yang sudah mengesahkan 64 Undang-Undang (UU) dari 2019 hingga 2023.

Dia mengatakan itu ketika berpidato dalam Sidang Paripurna DPR RI dengan agenda Pidato Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menjadi tokoh yang hadir dalam Sidang Paripurna DPR RI itu.

"Sejumlah Undang Undang yang telah selesai dibahas DPR RI bersama Pemerintah, yaitu sejumlah 64 Undang-undang melalui Alat Kelengkapan DPR RI,” kata Puan dalam pidatonya, Rabu.

Cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu mengatakan DPR ke depan akan menuntaskan setiap pembahasan RUU dengan memperhatikan landasan konstitusional, aspek sosiologis, ekonomi, politik, dan aspirasi rakyat.

"Salah satu agenda pembentukan Undang Undang ke depan yang sangat strategis adalah Undang-undang tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Periode Tahun 2025-2045,” Puan.

Mantan Menko PMK itu dalam pidatonya kemudian turut mengungkit tentang kualitas demokrasi di Indonesia ditentukan seluruh anak bangsa.

"Bagaimana semua melakukan kerja bersama dalam membangun kemajuan peradaban demokrasi di Indonesia dan menjadi komitmen DPR RI untuk meningkatkan kinerja konstitusionalnya dalam kedaulatan rakyat,” kata Puan.

Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara di acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News