Pikat Siswa Negeri Kiwi dengan Kesamaan Kosakata Bahasa Indonesia dan Maori

Pikat Siswa Negeri Kiwi dengan Kesamaan Kosakata Bahasa Indonesia dan Maori
Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya memainkan gitar pada acara School Assembly di Wellington College, Wellington, Selasa (23/7). Foto: KBRI Wellington

jpnn.com, WELLINGTON - Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menebarkan pesona tentang Indonesia di hadapan ribuan siswa di Wellington College, Selasa (23/7). Ada 1.200 siswa dari kelas 9 hingga 13 dengan rentang usia 13-18 tahun yang menyimak paparan Tantowi dalam acara bertitel School Assembly itu.

Wellington College merupakan sekolah menengah atas negeri ternama khusus untuk anak laki-laki di ibu kota Selandia Baru. Dibuka pada 1867, Wellington College kini memiliki total 1.780 siswa domestik maupun internasional.

Di hadapan ribuan siswa itu Tantowi menjelaskan, hubungan antara Indonesia dan Selandia Baru sudah terjalin sejak lama. Merujuk sejarah, Tantowi mengatakan bahwa nama Abel Janszoon Tasman sebagai orang Eropa pertama yang menginjakkan kakinya di Selandia Baru.

Abel Tasman meninggal dunia di Batavia pada 1659. “Perjalanan hidup Abel Tasman dan Tupaia (navigator dari Polinesia, red) berakhir di Indonesia,” tutur Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI Wellington.

BACA JUGA: Jurus Ambasador Tantowi Yahya Populerkan Batik di Negeri Pasifik

Pikat Siswa Negeri Kiwi dengan Kesamaan Kosakata Bahasa Indonesia dan Maori
School Assembly di Wellington College, Wellington yang dihadiri Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya. Foto: KBRI Wellington

Lebih lanjut Tantowi mengatakan, ada beberapa kosakata dalam Bahasa Maori yang nyaris sama bahkan persis dengan Bahasa Indonesia. Misalnya, ika dalam Bahasa Maori yang berarti ikan dalam Bahasa Indonesia.

Ada pula rua yang berarti dua, rima (lima), rangi (langit), taringa (telinga), turi (tuli) dan kutu yang juga bermakna kutu. “Jadi ada banyak kosakata yang sama dalam Bahasa Indonesia dan Maori,” sebut Tantowi mengundang rasa heran para siswa.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menebar pesona tentang Indonesia di hadapan ribuan siswa di Wellington College,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News