Pil Biru Ini Terbukti Bisa Menghentikan Penyebaran HIV

Pil Biru Ini Terbukti Bisa Menghentikan Penyebaran HIV
Pil Truvada atau Pil Biru. Foto: Laman India Times

jpnn.com - Ada kabar terbaru yang menggembirakan dari dunia kesehatan. Penelitian terbaru menunjukkan pil antiviral biru yang dikonsumsi oleh beberapa pria di Sydney dan bagian lain dari Australia telah menyebabkan penurunan dalam munculnya kasus HIV.

Antiviral, yang merupakan pendekatan pencegahan, bisa membantu proses mengakhiri epidemi AIDS.

Penggunaan pil ini telah menyebabkan pengurangan kasus baru HIV di antara laki-laki hingga sepertiga, seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg.

Penemuan itu bisa mengarah pada pencegahan penyebaran dan penularan virus ke negara lain.

“Kecepatan penurunan yang kita lihat pada infeksi HIV baru pada pria adalah yang pertama di dunia,” kata pemimpin studi, Andrew Grulich, kepala epidemiologi HIV dan pencegahan di Kirby Institute of University of New South Wales, seperti dilansir laman India Times, Rabu (9/1).

"Angka-angka ini adalah yang terendah dalam catatan sejak surveilans HIV dimulai pada tahun 1985,” tambah Grulich.

Pil Truvada, diproduksi oleh Gilead Sciences Inc., dirancang untuk menjadi obat yang terjangkau dan murah untuk orang-orang.

Truvada (TVD) akan digunakan dalam pengobatan yang disebut pre-exposure prophylaxis atau PrPP untuk menghentikan dan mencegah penularan dan risiko tertular HIV.

Pil Truvada merupakan antiviral biru yang dikonsumsi oleh beberapa pria di Sydney dan bagian lain dari Australia telah menyebabkan penurunan dalam munculnya HIV

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News