Pilgub Jawa Timur, PDI Perjuangan Dorong Calon Usulan NU

Pilgub Jawa Timur, PDI Perjuangan Dorong Calon Usulan NU
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di tengah-tengah peserta lomba mewarnai dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-72 di DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (17/8). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan bakal mendukung calon gubernur yang diusulkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) pada penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan dukungan itu diberikan karena Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memiliki kedekatan dengan tokoh-tokoh NU.

“Kami melihat di Jatim, peta historis kultural Bung Karno sangat dekat dengan tokoh-tokoh NU, demikian pula dengan Bu Mega,” kata Hasto usai upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 di lapangan parkir DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (17/8).

Hasto menyatakan NU dan PDI Perjuangan memiliki faktor historis. Dalam kesejarahan, NU didirikan pada 1926. Sementara, Partai Nasional Indonesia yang merupakan cikal bakal PDI Perjuangan didirikan pada 1927.

“Di antara keduanya mempunyai semangat membangun negeri. Karena itu, untuk gubernur (Jatim), kami mendorong calon-calon yang diusulkan NU. Itu prinsip PDIP,” tutur Hasto.

Kendati demikian, Hasto belum menyebut tokoh yang bakal diusung oleh PDI Perjuangan pada Pilgub Jawa Timur 2018. Namun, dia menyebut, akan ada komunikasi antara Megawati dengan tokoh NU. “Kami akan berdialog," ucap Hasto.(gil/jpnn)


PDI Perjuangan bakal mendukung calon gubernur yang diusulkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) pada penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News