Pilgub Papua Habiskan Dana APBD Rp 358 M

Pilgub Papua Habiskan Dana APBD Rp 358 M
Pilgub Papua Habiskan Dana APBD Rp 358 M
MANOKWARI - Jumlah seluruh anggaran yang diperuntukan bagi dua kali pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur 2011 lalu sebesar Rp358 M lebih. Dana ini dikucurkan lewat tiga lembaga, yakni KPUPB sebesar Rp 273 M, Kesbangpol Rp. 25 miliar yang merupakan dana pengamanan diserahkan pada Polda dan TNI, serta Panwaslukada sebesar Rp 60 M. Demikian disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Provinsi Papua Barat Drs Soleman Sikirit kepada wartawan di kantornya, Jumat (27/1).

 

Dikatakan bahwa Polda Papua belum menyerahkan laporan rincian penggunaan dana pengamanan Pemilukada Gubernur-Wakil Gubernur kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat. Menurut Sikirit batas waktu pertanggungjawabannya sudah berakhir yakni Desember 2011 lalu.

 

‘’Pelaksanaan sudah selesai, tapi sampai sekarang pihak  Polda Papua belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut,’’ tutur Kaban Kesbangpol dan Linmas.

 

Sikirit menjelaskan, total dana dana pengamanan sebesar Rp25 M. Dana ini dikucurkan pada aparat keamanan dalam dua tahap, yakni pada Pilgub pertama dikucurkan Rp 13 M dan sisanya diberikan untuk pengamanan Pilgub ulang. “Kalau untuk anggaran pelantikan, tidak masuk dalam alokasi Rp 25 miliar yang ada di Kesbangpol ini. Anggaran tersebut dialokasikan tersendiri,” tukas Sikirit lagi.

  

MANOKWARI - Jumlah seluruh anggaran yang diperuntukan bagi dua kali pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur 2011 lalu sebesar Rp358 M

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News