Pilih Bahan Alami Ini Untuk Mengatasi Jerawat

Pilih Bahan Alami Ini Untuk Mengatasi Jerawat
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Jika ingin mencoba bahan alami untuk mengatasi jerawat, Anda dapat memilih beberapa bahan berikut ini.

Misalnya, tea tree oil dan lidah buaya. Menurut penelitian yang dilansir di Journal of Cosmetic Dermatology pada 2019, dilaporkan bahwa bahan-bahan tersebut terbukti efektif mengatasi jerawat.

Keampuhannya hampir sama jika dibandingkan dengan larutan benzoyl peroksida 2.5%. Tea tree oil berasal dari pohon Melaleuca alternifolia.

Kandungan yang terdapat di dalamnya memiliki efek anti-peradangan dan anti-mikroba yang efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.

Kandungannya juga meredakan kulit yang sedang mengalami iritasi. Sedangkan lidah buaya mengandung berbagai vitamin, mineral dan asam amino.

Kandungan ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi kulit yang iritasi, meredakan peradangan dan mencegah infeksi pada kulit.

Dari berbagai penelitian, disebutkan bahwa pasta gigi dapat berisiko menyebabkan iritasi dan menyebabkan jerawat bertambah parah sehingga tidak disarankan untuk atasi jerawat.

Meski beberapa bahan alami terbukti dapat mengurangi peradangan atau atasi jerawat, tetap saja ada risiko menimbulkan reaksi alergi. Untuk itu, sebelum mencoba berbagai bahan alami, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan lakukan tes alergi.(AYU/RPA/klikdokter)

Kandungan yang terdapat di dalamnya memiliki efek anti-peradangan dan anti-mikroba yang efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News