Pilkada Jabar Banjir Artis

Pilkada Jabar Banjir Artis
Dede Yusuf. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BANDUNG - Sejumlah nama selebritis di panggung politik bakal maju pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tahun 2018. Selain Wakil Gubernur aktif Deddy Mizwar, politikus yang juga pekerja seni seperti Dede Yusuf dan Rieke Diah Pitaloka disebut-sebut bakal maju jadi kontestan lagi. 

Belakangan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengisyaratkan partainya akan mengusung Desi Ratnasari dan Primus Yustisio untuk maju dalam Pilgub Jabar.

Namun, para artis jangan hanya bermodalkan popularitas untuk menjajal pilkada. Pakar politik dan pemerintahan dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf menuturkan, politikus artis harus paham betul mengenai tata kelola pemerintahan.

"Harus tahu juga permasalahan apa yang ada di Jabar, apa yang dibutuhkan Jabar dalam menjalankan pembangunan," kata Asep saat dihubungi, Minggu (8/5). 

Syarat lainnya, mereka juga harus memiliki jejaring yang luas ke semua unsur di Jabar!, ukan hanya dengan sesama seniman saja. Terakhir, sambung Asep, artis yang ingin maju di pilgub harus memiliki integritas yang baik agar mampu melaksanakan visi, misi, dan program pembangunan dengan baik apabila terpilih. 

"Tunjukkan bahwa mereka punya kapasitas, bukan hanya sekedar popularitas. Pemilih di Jabar sudah pintar, tidak akan milih kalau hanya sekedar populer," ucapnya.

Sementara terkait wacana PAN untuk mengusung Desi Ratnasari dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Asep menilai hal itu terlalu dini. 

Diakui Asep, duet Desi-Dedi berpotensi meraup suara jika dipersiapkan dengan baik dan matang. Tetapi, keduanya dianggap belum memiliki hubungan emosional yang baik sehingga belum tentu memiliki kesamaan program.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News