Pilkada Lebih Baik Dilakukan Secara Langsung

Pilkada Lebih Baik Dilakukan Secara Langsung
Pemilu Kepala Daerah sebaiknya dilakukan secara langsung. Foto: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menyatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) lebih baik dilakukan secara langsung. Dengan begitu rakyat bisa ikut serta dalam proses‎ itu.

‎"Kita berbahagia dengan pemilihan secara langsung. Masyarakat siapapun yang tidak dikenal dan tidak punya uang bisa ikut dalam pertarungan," kata Ray dalam diskusi "Pilkada: Antara Demokrasi Liberal dan Demokrasi Pancasila?" di Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (13/9).

Menurut Ray, ‎memilih pemimpin secara langsung merupakan hak asasi manusia. Sehingga apabila pilkada dikembalikan melalui DPRD, hal itu akan merampas hak rakyat. "Kedaulatan rakyat harus ditegakkan," ujarnya.

Ray menyatakan selama 33 tahun pilkada dilakukan melalui DPRD tidak banyak melahirkan seorang tokoh. Selama puluhan tahun itu, kata dia, baru Ali Sadikin yang dikenal hingga kini.  ‎"33 tahun pemilihan kepala daerah melalui DPRD yang kita kenal hanya Ali Sadikin," tandasnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menyatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) lebih baik dilakukan secara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News