Pilkada Tidak Langsung, Kepala Daerah Jadi Pegawai DPRD

Pilkada Tidak Langsung, Kepala Daerah Jadi Pegawai DPRD
Pilkada Tidak Langsung, Kepala Daerah Jadi Pegawai DPRD

jpnn.com - JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan Aria Bima tidak setuju apabila kepala daerah dipilih oleh DPRD. Alasannya kepala daerah itu akan menjadi pegawainya DPRD. "Kalau pilkada lewat DPRD, kepala daerah itu menjadi pegawainya DPRD, tukang pesuruh DPRD," kata Aria usai diskusi "Drama Paripurna" di Cikini, Jakarta, Sabtu (27/9).

Aria menyatakan PDIP lebih memilih pilkada dilakukan secara langsung. Dengan begitu, sambung dia, akan menciptakan kesetaraan dalam fungsi kelembagaan.

"Kita ambil opsi bukan perwakilan tapi langsung karena kita sepakat sistem berdemokrasi langsung menempatkan kesetaraan dalam fungsi kelembagaan. Makanya mandat rakyat itu diberikan pilih kepala daerah," tandasnya.

Seperti diketahui, pada saat voting soal RUU Pilkada di Sidang Paripurna DPR, sebanyak 226 suara mendukung pilkada digelar lewat DPRD dan 135 suara meminta pilkada secara langsung. (gil/jpnn)


JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan Aria Bima tidak setuju apabila kepala daerah dipilih oleh DPRD. Alasannya kepala daerah itu akan menjadi pegawainya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News