Pilot Keluhkan Layang - Layang Ganggu Penerbangan

Pilot Keluhkan Layang - Layang Ganggu Penerbangan
Bandara. Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, PALU - Saat ini Kota Palu dan sekitarnya sedang memasuki musim layang-layang.

Namun, ternyata aktivitas bermain layangan di sekitar kawasan landing dan take off pesawat di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu itu mulai mengganggu penerbangan.

Maraknya permainan layangan berukuran besar itu telah membuat pilot sejumlah maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Mutiara Sis Aljufri khawatir.

Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu Benyamin N. Apituley via ponsel membenarkan bahwa pihaknya mendapat komplain dari sejumlah pilot karena banyaknya aktivitas bermain layangan di sekitar bandara.

"Banyak sekali yang main layangan di sekitar bandara belakangan ini. Malah, ukuran layangannya besar-besar. Bukan hanya anak kecil yang main layangan, melainkan juga orang dewasa," ujarnya.

Untuk menyikapi dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Benyamin mengakui bahwa pihak bandara sudah menyurati pihak kepolisian melalui Polsek Palu Timur dan Polsek Palu Selatan untuk dilakukan penertiban.

Selain itu, pihak bandara mengirimkan surat ke sekolah-sekolah agar menyosialisasikan keselamatan penerbangan kepada para siswa serta mengimbau tidak bermain layangan di sekitar bandara.

"Hanya, belum ada respons dari pihak sekolah di dua kecamatan itu. Sangat mungkin, pihak sekolah masih sibuk. Sebab, sekarang masih hari-hari ujian sekolah," terangnya.

Saat ini Kota Palu dan sekitarnya sedang memasuki musim layang-layang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News