Pimpin Gerakan Bersihkan Sungai Ciliwung, Menteri Siti Raih Rekor MURI

Pimpin Gerakan Bersihkan Sungai Ciliwung, Menteri Siti Raih Rekor MURI
Menteri LHK Siti Nurbaya menerima Piagam MURI setelah menggelar kegiatan “Gotong Royong Bebersih Ciliwung 2019” yang dipusatkan di DAS Ciliwung, Desa Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (23/6). Foto: KLHK

jpnn.com, CIBINONG - Sebuah gerakan bersama yang melibatkan lebih 8.000 orang secara simultan untuk membersihkan Sungai Ciliwung dari hulu di Bogor hingga hilir di Pademangan, Jakarta Utara, yang digagas dalam kegiatan “Gotong Royong Bebersih Ciliwung 2019” pada Minggu (23/6) memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Piagam MURI langsung diserahkan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di panggung acara yang dipusatkan di kawasan penanaman bambu yang dikelola Yayasan Bambu Indonesia di DAS Ciliwung yang terletak di Desa Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Ibu Menteri mohon izin saya laporkan ke Ibu bahwa kerja besar bebersih Ciliwung ini yang mulai dari hulu di Cisarua sampai dengan Pademangan yang mencapai 36 titik lokasi dan melintasi 33 kecamatan di Jawa Barat dan Jakarta sepanjang 119 km oleh 8.433 peserta. Mohon izin kami nyatakan sebagai rekor Muri," ujar Senior Manager Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri), Yusuf Nasri, saat memberikan piagam Muri.

Hadir pada kegiatan ini mantan Menteri Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja, Sekjen KLHK Bambang Hendroyono, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) RM. Karliansyah, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin, Pembina Yayasan Bambu Indonesia Jatnika Nanggamiharja, 29 CEO perusahaan seperti PLN, Pertamina dan sebagainya.

BACA JUGA: Anak Sungai Ciliwung Bakal Menjadi Kawasan Wisata Air

Sebelum pemberian Rekor Muri, Menteri Siti Nurbaya bersama Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mantan Menteri Lingkungan Sarwono Kusumaatmadja, para pejabat KLHK dan undangan ikut bersih-bersih Sungai Ciliwung. 

Pimpin Gerakan Bersihkan Sungai Ciliwung, Menteri Siti Raih Rekor MURI

Menteri Siti pun menyambut tim susur sungai yang tiba membawa sampah untuk dipindahkan ke darat. Setelah mengambil sampah, Siti melanjutkan menanam pohon bambu bersama Uu.

Sebuah gerakan bersama melibatkan lebih 8.000 orang secara simultan untuk membersihkan Sungai Ciliwung dari hulu di Bogor hingga hilir di Pademangan, Jakarta Utara, yang digagas dalam kegiatan Gotong Royong Bebersih Ciliwung 2019 pada Minggu (23/6) memeca

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News