Anak Sungai Ciliwung Bakal Menjadi Kawasan Wisata Air

Anak Sungai Ciliwung Bakal Menjadi Kawasan Wisata Air
Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia dan jajarannya menggunakan empat buah perahu karet, Jumat (5/1), menelusuri anak Sungai Ciliwung untuk dijadikan kawasan wisata air. Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka mendukung program Kali Bersih, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksda TNI Aan Kurnia melaksanakan peninjauan dan menelusuri anak Sungai Ciliwung Pasar Baru dengan menggunakan empat buah perahu karet, Jumat (5/1).

Dalam kegiatan tersebut, Pangarmabar didampingi Kasarmabar Laksmana Pertama TNI Heru Kusmanto dan para pejabat utama Koarmabar. Peninjauan anak Sungai Ciliwung dimulai dari pasar baru hingga ke arah jembatan depan Hotel Golden Truly.

Untuk tahap awal, Pangarmabar merencanakan kawasan anak Sungai Ciliwung di sekitar Pasar Baru sepanjang 300 meter akan ditata sebagai pilot project atau percontohan untuk menjadi kawasan wisata dan rekreasi air.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta akan menggandeng Koarmabar untuk bekerja sama dalam mewujudkan kawasan tersebut menjadi kawasan wisata air yang indah dan nyaman. Dari hasil peninjauan yang dilaksanakan Koarmabar, beberapa kawasan aliran sungai terhambat. Hal itu dikarenakan masih banyaknya sampah serta terjadinya pendangkalan sehingga perlu dibersihkan secara terus-menerus.

Sebagai aksi nyata dari program tersebut, Pangarmabar telah memerintahkan Kadispotmar Armabar untuk melaksanakan program pembersihan kawasan sungai di sekitar Pasar Baru.

Pangarmabar juga memerintahkan untuk melaksanakan jajarannya untuk berkoordinasi dengan unsur terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta serta Dinas Tata Kota Provinsi DKI Jakarta untuk bersama-sama membenahi kawasan sungai sehingga sungai di Jakarta akan semakin nyaman dan indah.

Pada bulan Januari, Koarmabar berencana akan menerjunkan prajuritnya untuk melaksanakan kegiatan pembersihan anak kali Ciliwung sektor Pasar Baru untuk membuat kawasan di sekitar tersebut menjadi rapi. Selanjutnya, direncanakan Koarmabar pun akan menggelar Lomba Dayung Perahu Karet antar satuan kerja Koarmabar di kawasan sungai Pasar Baru.

Kegiatan ini untuk menggugah masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan dalam rangka menciptakan kawasan sungai di Jakarta bersih dan nyaman.(fri/jpnn)


Aksi nyata dari program tersebut, Pangarmabar memerintahkan Kadispotmar Armabar untuk melaksanakan program pembersihan kawasan sungai di sekitar Pasar Baru


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News