Pimpin Rapat Persiapan, Menkum HAM Pastikan Sesi Tahunan ke-61 AALCO Berjalan Lancar

Pimpin Rapat Persiapan, Menkum HAM Pastikan Sesi Tahunan ke-61 AALCO Berjalan Lancar
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly memimpin rapat persiapan penyelenggaraan sesi tahunan ke-61 AALCO dan meninjau lokasi yang akan digunakan menjadi tempat pertemuan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (27/9/23). Foto: Humas Kemenkumham

jpnn.com, NUSA DUA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly didampingi oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Cahyo R Muzhar memimpin rapat persiapan penyelenggaraan sesi tahunan ke-61 AALCO dan meninjau lokasi yang akan digunakan menjadi tempat pertemuan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (27/9/23).

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Pejabat di lingkungan Kemenkumham, perwakilan Pemerintah Provinsi Bali, Forkopimda Provinsi Bali, dan Kementerian/Lembaga yang terkait, Menteri Yasonna menjelaskan bahwa sesi tahunan ke-61 AALCO yang akan segera digelar di Indonesia.

Dia menyebut kegiatan  ini menjadi momen besar bagi Indonesia untuk tampil di tingkat internasional.

“Sesuai dengan arahan Presiden, Indonesia dalam hal ini Kemenkumham akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan sesi tahunan ke-61 AALCO yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-20 Oktober 2023 dan diharapkan akan dibuka oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,” ujar Yasonna.

Lebih lanjut, dia mejelaskan AALCO merupakan forum konsultasi negara Asia-Afrika untuk menyamakan persepsi dan posisi dalam berbagai isu hukum guna memperoleh posisi bersama untuk disampaikan dalam berbagai pertemuan internasional termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Yasonna menambahkan dalam sesi tahunan ke-61 kali ini, terdapat 5 agenda yang akan menjadi pembahasan dalam sidang. Salah satunya mendapatkan perhatian Indonesia khususnya dalam agenda hukum laut pada isu illegal fishing.

“Indonesia mengusulkan diangkatnya isu illegal fishing yang saat ini masih menjadi perdebatan dengan negara tetangga seperti Filipina dan Vietnam,” ujar Yasonna.

Yasonna berharap ada kesamaan pandangan dengan pembahasan isu illegal fishing dalam sesi tahunan ini dan dapat disepakati sebagai transnational organized crime.

Menkum HAM Yasonna H Laoly memimpin rapat persiapan penyelenggaraan sesi tahunan ke-61 AALCO di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (27/9/23).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News