Pimpinan DPD RI: TNI dan Polri Berkontribusi Besar Terhadap Penanganan Covid-19

Pimpinan DPD RI: TNI dan Polri Berkontribusi Besar Terhadap Penanganan Covid-19
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Satu tahun lebih bangsa ini telah dilanda pandemi Covid-19 dan selama itu pula TNI dan Polri dilibatkan dalam penanganannya.

Bahkan baru-baru ini sebanyak puluhan ribu prajurit TNI-Polri kembali dikerahkan sebagai tracer dan vaksinator dalam program vaksinasi nasional.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap kedua institusi tersebut di bawah pimpinan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Pelibatan TNI dan Polri dalam penanganan Covid-19 di Indonesia telah dilaksanakan sejak awal penyebaran virus ini dimulai. Dan, itu berlanjut hingga hampir di seluruh kebijakan terkait penanganan pandemi. Dan, porsi tugas yang diambil oleh TNI-Polri telah berperan sangat signifikan,” ujar Sultan.

Hal ini mempunyai alasan menurutnya, sebab sebagaimana dalam penanganan tanggap darurat bencana, peran mereka cenderung diandalkan karena kesiapan, kesigapan dan sistem komando yang mempermudah personel diberbagai wilayah dalam menjalankan operasi kemanusiaan.

Selain itu, Sultan menilai bahwa kedua pimpinan institusi tersebut sangat memiliki dedikasi yang tinggi terhadap penanganan Covid-19.

“Kita beruntung memiliki Panglima TNI yang luar biasa memberikan perhatian terhadap penanganan pandemi. Bahkan beberapa hari yang lalu pula saya berdiskusi bersama Kapolri, beliau pun sangat concern serta totalitas dalam memantau perkembangan vaksinasi. Bahkan turun langsung ke lapangan,” tegas Sultan.

Adapun dalam penanganan pandemi Covid-19, pelibatan TNI-Polri diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri serta Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespon Wabah Penyakit, Pandemi Global, dan Kedaruratan Nuklir, Biologi, dan Kimia.

Satu tahun lebih bangsa ini telah dilanda pandemi Covid-19 dan selama itu pula TNI dan Polri dilibatkan dalam penanganannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News