Pimpinan KPK Beri Peringatan kepada Kepala Otorita IKN

Pimpinan KPK Beri Peringatan kepada Kepala Otorita IKN
Audiensi Kepala Otorita IKN dengan KPK. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima audiensi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono di gedung lembaga antirasuah, Jakarta Selatan, Senin (21/3).

KPK diminta untuk mendampingi dalam perencanaan dan pembangunan IKN.

"Kami sowan dan konsultasi, untuk memastikan tata kelola IKN nanti berlangsung dengan baik," tutur Bambang mengawali diskusi.

Bambang yang hadir bersama Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe dan Tenaga Ahli Tim Transisi Achmad Jaka Santos Adiwijaya diterima langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Hadir juga Wakil Ketua KPK Alexander Marwata serta Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan beserta jajaran.

Pada kesempatan tersebut Bambang berharap mendapat masukan dari KPK sekaligus melaporkan empat tahapan dalam pembangunan IKN Nusantara. Empat tahapan IKN, yaitu meliputi persiapan, pembangunan, pemindahan dan penyelenggaraan pemerintahan.

“Untuk tahapan awal ini masih terkait persiapan dan pembangunan IKN. Kami ingin ini dikawal dari depan,” kata dia.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memastikan pihaknya mendukung terwujudnya pembangunan IKN Nusantara yang transparan dan akuntabel. Dia mengatakan KPK juga telah membentuk satuan tugas untuk mendampingi agar dapat meminimalisasi potensi penyimpangan sebagai upaya pencegahan korupsi.

KPK berdiskusi dengan Kepala Otorita IKN Nusantara. Pimpinan KPK mengingatkan betapa pentingnya akuntabilitas pada setiap proses pembangunan IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News