Pimpinan KPK Satu Panggung dengan Tersangka Korupsi

Awang Faroek Singgung Kasusnya di Depan Haryono Umar

Pimpinan KPK Satu Panggung dengan Tersangka Korupsi
Pimpinan KPK Satu Panggung dengan Tersangka Korupsi
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar, tampil sepanggung dengan Gubernur Kalimatan Timur Awang Faroek yang berstatus tersangka korupsi. Hal itu terjadi pada Seminar Nasional "Optimalisasi Pelayanan Publik Melalui Reformasi Birokrasi" yang digelar Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (22/7).

Di meja pembicara, posisi tempat duduk Awang paling kanan, sebelahnya Wakil Mendiknas Fasli Jalal, moderator, dan paling kiri adalah Haryono Umar. Ditanya wartawan mengapa dirinya mau duduk sepanggung dengan seorang tersangka korupsi, Haryono mengaku tidak tahu jika akan tampil satu panel dengan Awang Faroek. "Saya terima undangannya cuma sebagai pembicara. Tidak tahu ada pembicara lainnya seperti itu (berstatus tersangka). Tahu-tahu di sini (Awang Faroek) sudah disebut sebagai pembicara bersama saya," ujar Haryono saat ditemui usai penjadi pembicara.

Untungnya, kata Haryono, status tersangka Awang Faroek bukan dari KPK. "Kalau tersangka di KPK, pasti saya tolak," tandas Haryono

Seperti diketahui, Awang ditetapkan oleh Kejaksaan Agung sebagai tersangka korupsi divestasi saham milik Pemkab Kutai Timur di Kaltim Prima Coal (KPC). Menurut Kejaksaan Agung, atas persetujuan Awang Faroek saat menjadi Bupati Kutai Timur, hasil penjualan saham itu tidak masuk ke kas daerah tetapi justru diinvestasikan ke lembaga keuangan dan sekuritas. Dari hitungan kejaksaan, kerugian negara dalam kasus itu mencapai Rp 576 miliar.

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar, tampil sepanggung dengan Gubernur Kalimatan Timur Awang Faroek yang berstatus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News