Pimpinan MPR Ahmad Muzani Minta Pemerintah Menjamin Kehidupan Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Pimpinan MPR Ahmad Muzani Minta Pemerintah Menjamin Kehidupan Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta pemerintah memberikan perhatian khusus kepada terhadap anak yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. Foto/Ilustrasi: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani meminta pemerintah memberikan perhatian khusus kepada terhadap anak yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal  akibat terpapar Covid-19. 

Berdasar data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, sebanyak 11.045 anak-anak di Indonesia menjadi yatim piatu karena orang tuanya wafat akibat terpapar virus corona.

Muzani mengatakan fakta ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah karena konstitusi mengamanatkan fakir miskin dan anak-anak terlantar diperlihara oleh negara. 

"Sebanyak 11 ribu lebih anak yatim ini harus diberikan jaminan kehidupan yang lebih baik sesuai amanat konstitusi bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara," kata Muzani dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/8).

Ahmad Muzani yang juga sekjen Partai Gerindra itu meminta kepada pemerintah agar memastikan anak-anak yatim tersebut mendapat akses pendidikan untuk menata masa depannya. Sebab, Muzani tidak ingin anak-anak tersebut menjadi terlantar.

"Negara harus menjamin pendidikan bagi anak-anak yatim ini. Jangan sampai mereka terlantar dan tidak menjadi generasi yang tak berpendidikan, karena itu akan membuat mereka sulit dalam mencari masa depan yang lebih baik," ujar Muzani yang juga ketua Fraksi Gerindra DPR RI itu.

Dia menjelaskan pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia. Muzani mengatakan sesama manusia wajib saling bantu membantu tanpa melihat latar belakang budaya, agama, suku, dan rasa. 

“Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki kelebihan ekonomi dan materi untuk menyisihkan dan berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan seperti anak-anak yatim piatu yang ditinggal oleh orang tuanya akibat Covid-19 yang jumlah mencapai puluhan ribu," kata Ahmad Muzani. 

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani meminta pemerintah memberikan perhatian khusus kepada terhadap anak yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal  akibat terpapar Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News