Pintu Tol Menuju Bandung Ini Dibuka Jasa Marga saat Libur Nataru

Pintu Tol Menuju Bandung Ini Dibuka Jasa Marga saat Libur Nataru
Jasa Marga mengoperasikan salah satu gerbang pintu tol untuk memperlancar akses menuju Bandung, Jawa Barat ilustrasi. Foto: Dokumentasi Jasa Marga

jpnn.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bakal mengoperasikan akses keluar menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat di Km 99 Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) arah Bandung selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

JMT Regional Division Senior General Manager Widiyatmiko Nursejati mengatakan akses tersebut berfungsi untuk mendistribusikan lalu lintas arus mudik, terutama yang menuju arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat.

Sebab, dia menyebut diprediksi bakal berpotensi mengalami peningkatan pada periode libur Nataru.

“Kami berharap, dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini akan membantu memperlancar perjalanan masyarakat karena memiliki alternatif lainnya yang lebih dekat untuk menuju lokasi tujuan mereka," ungkap Widiyatmiko dalam keterangannya di Jakarta, Senin (19/12).

Menurutnya, meski dibuka, masyarakat yang keluar lewat ruas tol KM 90 tidak dikenakan tarif tambahan.

"Sisamakan dengan tarif menuju gerbang tol terdekat, yaitu Gerbang Tol (GT) Jatiluhur di Km 83,” ujar Widiyatmiko.

Adapun berdasarkan surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pengoperasian secara fungsional tersebut dilaksanakan selama periode Natal 2022 dan Tahun baru 2023 pada 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Bagi pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang menuju akses fungsional Darangdan Km 99 dari GT Kalihurip Utama (Km 67) maka akan dikenakan tarif Rp13.500, dari GT Sadang (Km 76) dikenakan tarif Rp 6.000, sedangkan dari GT Jatiluhur (Km 83) tidak dikenakan tarif.

Jasa Marga mengoperasikan salah satu gerbang pintu tol untuk memperlancar akses menuju Bandung, Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News