Jumat, 19 Juli 2019 – 02:27 WIB

Pintu Air Manggarai Dipenuhi Sampah, Anies: Bukan dari Warga Kami

Jumat, 26 April 2019 – 16:42 WIB
Pintu Air Manggarai Dipenuhi Sampah, Anies: Bukan dari Warga Kami - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Banjir kembali merendam wilayah DKI Jakarta. Ironisnya, Pintu Air Manggarai dan kanal yang berfungsi menanggulanggi banjir kini dipenuhi sampah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sampah-sampah di pintu air Manggarai dibawa aliran sungai Ciliwung. Dia pun memastikan bahwa tidak ada satu pun sampah yang berasal dari warga ibu kota.

"Di Manggarai itu Jakarta menampung sampah yang luar biasa banyaknya. Kalau lihat sekarang, di Manggarai itu bukan sampah dari warga kami," ujar Anies.

Anies kemudian mengerahkan anggota Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan sampah kiriman dari Bogor tersebut. "Petugas lingkungan hidup kerja all out membersihkan sampah di Manggarai, sampah yang masuk dari aliran Sungai Ciliwung," pungkas Anies.

BACA JUGA: Jakarta Banjir Lagi, Anies Tunggu Pusat Rampungkan Waduk di Bogor

Hujan yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya membuat Bendungan Katulampa, Kabupaten Bogor, dan Pintu Air Depok, Jawa Barat naik level menjadi Siaga I pada Kamis (25/4) malam. Akibatnya 17 wilayah di Jakarta tergenang banjir kiriman.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bendungan Katulampa naik level menjadi Siaga I dengan ketinggian air 220 cm pada Kamis pukul 22.30. Sementara ketinggian air di Pintu Air Depok naik menjadi 360 cm pada Jumat (26/4) pukul 00.43 WIB.

Akibatnya, pada Jumat (26/4) 07.00 WIB, sebanyak 17 titik banjir terpantau menggenangi wilayah Jakarta Selatan dengan ketinggian banjir rata-rata 20 cm – 100 cm. Hingga 26 April 2019, Pukul 06.00 WIB tidak terdapat korban jiwa/luka akibat dari banjir tersebut.

Sumber : RMOLJakarta
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar