JPNN.com

Kasus Corona Meningkat, Sebaiknya Pintu Perbatasan Antardaerah Dijaga Ketat

Jumat, 27 Maret 2020 – 14:15 WIB Kasus Corona Meningkat, Sebaiknya Pintu Perbatasan Antardaerah Dijaga Ketat - JPNN.com
Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para kepala daerah diimbau mulai memberlakukan penjagaan yang ketat terhadap pintu-pintu masuk ke daerahnya masing-masing. Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meyakini dengan cara ini maka tidak ada pendatang atau perantau yang pulang kampung, lolos dari pemeriksaan sebelum masuk ke satu daerah.

Daulay menyampaikan gagasannya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) semakin meluas ke daerah-daerah.

"Saya kira mesti mengantisipasi dari sekarang, pintu masuk dijaga betul. Kan ada polisi, ada tentara. Ini kan sudah jadi bencana nasional, karena itu kepala daerah harus bekerja sama dengan seluruh pihak yang ada di daerahnya untuk mengantisipasi masalah ini. Jangan nanti menyesal," ujar Daulay kepada jpnn.com, Jumat (27/3).

Selain menjaga pintu-pintu masuk, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menilai daerah penting segera memeriksa kesehatan para perantau yang sudah terlanjur tiba di kampung halaman.

"Saya harapkan segera di tes untuk melihat gejalanya. Kemudian juga melihat riwayat kontaknya seperti apa. Kalau sehat, di kunci di situ, jangan pergi lagi. Kalau sakit ya langsung diobati. Langkah ini saya kira penting sebelum makin banyak yang pulang kampung," katanya.

Anggota dewan asal Sumatera Utara ini melihat hingga saat ini sebagian besar kapala daerah sudah serius dan bersungguh-sungguh bekerja mengantisipasi penyebaran Covid-19. Namun demikian, beberapa kepala daerah, menurutnya, ada juga yang masih biasa-biasa saja.

"Saya kira perlu untuk saling mengingatkan. Saya khawatir nanti pas sampai fase mudik, itu misalnya Kota Medan saja penduduknya jutaan dan itu berasal dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumut dan di luar Sumut juga. Jadi, harus dirancang dari sekarang seperti apa kebijakannya. Ini kita berperang melawan virus corona. Ini tidak main-main, peningkatannya sangat cepat," kata Daulay.(gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...