Pipa Gas PT Dover Meledak, Warga Keluhkan Bau...

Pipa Gas PT Dover Meledak, Warga Keluhkan Bau...
Aparat menginspeksi pipa gas yang meledak di Lingkungan Gerem Raya, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol. Foto : Doni Kurniawan/Banten Raya

jpnn.com - CILEGON - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Cilegon tengah mendalami kasus ledakan pipa gas di Lingkungan Gerem Raya, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol pada Senin (18/1) kemarin. Dugaan sementara, ledakan pipa gas itu terjadi akibat adanya pengerjaan blowing atau penyemprotan dengan menggunakan kompresor. 

Kepala BLH Kota Cilegon, Epud Saepudin mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara pipa gas itu merupakan milik PT Dover Chemical. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur dan perdagangan bahan kimia tersebut. 

"PT Dover sudah mengakui jika itu milik mereka, ledakan itu terjadi karena sedang ada pembersihan," katanya kepada Banten Raya (grup JPNN), Selasa (19/1).

Menurut Epud, pascaledakan itu terjadi BLH Kota Cilegon belum mendapatkan laporan adanya warga yang mengeluhkan terdampak akibat. Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi adanya dampak kejadian tersebut. 

"Untuk sementara ini, lokasi ledakan masih diberikan garis polisi. Kalau untuk persoalan baunya sendiri saya belum ke lokasi karena sedang ada keperluan ke luar daerah. Tapi tim dari BLH sudah kelokasi," ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Badan Lingkugan Hidup Kota Cilegon, Andhi Rhana mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara ledakan pipa gas tanah itu akibat adanya pembersihan pipa menggunakan air dengan kompresor yang memliki tekanan sekitar 4 bar. Hal itu yang mengakibatkan adanya tekanan besar dan terjadinya ledakan.

Menurut Andhi, BLH Cilegon juga akan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon. Sebab, pihaknya khawatir gas dari pipa tersebut dapar berdampak buruk bagi kesehatan warga yang berada tak jauh dari lokasi kejadian. "Soal ini juga akan kita koordinasikan dengan BPBD," ujarnya.

Ketua RT 03/04 Lingkungan Gerem Raya, Jafar mengatakan bahwa dampak ledakan itu sedikit menggangu warganya. Pasalnya, dari pipa yang meledak merebak bau seperti lem yang cukup menggangu

CILEGON - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Cilegon tengah mendalami kasus ledakan pipa gas di Lingkungan Gerem Raya, Kelurahan Gerem, Kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News